Laman

Kamis, 08 Desember 2022

STRATEGI DALAM E-BUSINESS

 STRATEGI DALAM E-BUSINESS



Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. Strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam bisnis nya.
Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.

7 isu penting yang dapat menghambat berkembangnya industri e-commerce

  1. Pendidikan & Sumber Daya Manusia
  2. Logistik
  3. Infrastruktur Komunikasi
  4. Pendanaan
  5. Perpajakan
  6. Perlindungan Konsumen
  7. Keamanan Siber

Perilaku Konsumen 

Menurut Basu Swastha Dharmmesta dan Hani Handoko mendefinisikan perilaku konsumen sebagai berikut: “Perilaku konsumen adalah kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa tersebut didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.”

Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen e-commerce adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan barang secara online, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan.

Perilaku konsumen dipengaruhi oleh pengaruh eksternal dan internal,Pengaruh eksternal terdiri dari usaha pemasaran yaitu produk, promosi, harga dan distribusi serta lingkungan sosial budaya yang terdiri dari keluarga, sumber informasi, sumber non komersial yang lain, kelas sosial, subbudaya dan budaya. Pengaruh internal yaitu psikologi konsumen yang terdiri dari motivasi, persepsi, belajar, kepribadian dan sikap

Faktor-Faktor Utama Penentu Keputusan Pembelian

Ada tiga faktor utama yang memengaruhi konsumen untuk mengambil keputusan, yaitu (1) faktor psikologis, (2) faktor situasional, (3) faktor sosial.

1. faktor psikologis

Faktor psikologis mencakup persepsi, motivasi, pembelajaran sikap, dan kepribadian. Sikap dan kepecayaan merupakan faktor psikologis mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sikap adalah suatu kecendrungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam situasi dan kondisi tertentu secara konsisten

2. Pengaruh Faktor Situasional

Faktor situasional mencakup keadaan sarana dan prasarana tempat belanja, waktu berbelanja, penggunaan produk, dan kondisi saat pembelian. Keadaan sarana dan prasarana tempat berbelanja mencakup tempat parkir, gedung, eksterior dan interior toko, pendingin udara, penerangan/pencahayaan, tempat ibadah, dan sebagainya. Waktu berbelanja bisa pagi, siang, sore, atau malam hari.

3. Pengaruh Faktor Sosial

Individu pada dasarnya mendapatkan pengaruh dari orang-orang di ssekitar saat membeli satu barang. Ada tiga komponen yang mempengaruhi, antara lain: (1) kelompok rujukan, yaitu orang-orang di sekeliling, baik secara langsung maupun tidak langsung, mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang untuk membeli. (2) keluarga, yaitu suami, istri dan anak. (3) peran dan status.

Sensifitas harga

Sensitivitas harga dapat diartikan sebagai tingkat kesadaran dan reaksi yang ditampilkan oleh konsumen ketika menemukan perbedaan harga produk atau jasa. Memahami sensitivitas harga sangat penting untuk mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhinya

Tidak ada komentar: