STRATEGI DALAM E-BUSINESS
Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. Strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam bisnis nya.
Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.
7 isu penting yang dapat menghambat berkembangnya industri e-commerce
- Pendidikan & Sumber Daya Manusia
- Logistik
- Infrastruktur Komunikasi
- Pendanaan
- Perpajakan
- Perlindungan Konsumen
- Keamanan Siber
Perilaku Konsumen
Menurut Basu Swastha Dharmmesta dan Hani Handoko mendefinisikan
perilaku konsumen sebagai berikut: “Perilaku konsumen adalah kegiatan-kegiatan
individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa tersebut didalamnya proses pengambilan keputusan pada
persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.”
Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa perilaku
konsumen e-commerce adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu,
kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan
dalam mendapatkan barang secara online, menggunakan barang-barang atau jasa
ekonomis yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan.
Perilaku konsumen dipengaruhi
oleh pengaruh eksternal dan internal,Pengaruh eksternal terdiri dari usaha
pemasaran yaitu produk, promosi, harga dan distribusi serta lingkungan sosial budaya
yang terdiri dari keluarga, sumber informasi, sumber non komersial yang lain, kelas
sosial, subbudaya dan budaya. Pengaruh internal yaitu psikologi konsumen yang
terdiri dari motivasi, persepsi, belajar, kepribadian dan sikap
Faktor-Faktor Utama Penentu Keputusan Pembelian
Ada tiga faktor utama yang memengaruhi konsumen untuk mengambil
keputusan, yaitu (1) faktor psikologis, (2) faktor situasional, (3) faktor sosial.
1. faktor psikologis
Faktor psikologis mencakup persepsi, motivasi, pembelajaran sikap, dan kepribadian. Sikap dan kepecayaan merupakan faktor psikologis mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sikap adalah suatu kecendrungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam situasi dan kondisi tertentu secara konsisten
2. Pengaruh Faktor Situasional
Faktor situasional mencakup keadaan sarana dan prasarana tempat belanja,
waktu berbelanja, penggunaan produk, dan kondisi saat pembelian. Keadaan
sarana dan prasarana tempat berbelanja mencakup tempat parkir, gedung,
eksterior dan interior toko, pendingin udara, penerangan/pencahayaan, tempat
ibadah, dan sebagainya. Waktu berbelanja bisa pagi, siang, sore, atau malam
hari.
3. Pengaruh Faktor Sosial
Individu pada dasarnya mendapatkan pengaruh dari orang-orang di ssekitar
saat membeli satu barang. Ada tiga komponen yang mempengaruhi, antara
lain: (1) kelompok rujukan, yaitu orang-orang di sekeliling, baik secara
langsung maupun tidak langsung, mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang
untuk membeli. (2) keluarga, yaitu suami, istri dan anak. (3) peran dan
status.
Sensifitas harga
Sensitivitas harga dapat diartikan sebagai tingkat kesadaran dan reaksi yang ditampilkan oleh konsumen ketika menemukan perbedaan harga produk atau jasa. Memahami sensitivitas harga sangat penting untuk mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar